Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Juli 2017

Benarkah Paparan Logam Berat Tidak Dapat Dihindari?


Seperti diketahui hampir setiap setiap kita terpapar logam berat. Mulai dari polusi udara, makanan, kosmetik, bahkan air yang kita gunakan untuk mandi dan juga minum!

Beberapa jenis logam berat yang berbahaya  seperti Arsenik (As), Timbal (Pb), Merkuri atau Air Raksa (Hg), Cadmium (Cd), Nikel (Ni) adalah beberapa contoh yang dapat ditemui sehari-hari. Dan logam berat itu ternyata banyak merugikan tubuh manusia.

Masuknya kandungan atau unsur berbahaya itu bisa menimbulkan penyakit serius dan kerusakan ataupun menurunnya fungsi organ.

Sebut saja Arsenik (As) yang merupakan unsur paling beracun dapat dijumpai dalam tanah, udara, air, dan makanan laut terutama kerang yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf, hipertensi, dan anemia.

Lalu unsur Timbal (Pb) yang biasa digunakan sebagai aplikasi produk logam, kabel, dan pipa tanpa sadar kita mengonsumsinya dari polusi bahan bakar kendaraan bermotor, jika molekul timbal itu masuk ke tubuh dan menyerang darah, jangan terkejut jika molekul tersebut berpotensi memunculkan berbagai jenis penyakit seperti kecacatan mental (utamanya pada wanita hamil), kerusakan ginjal, paru-paru, dan kemandulan.

Timbal juga banyak dijumpai pada air tanah. Sama seperti timbal, unsur merkuri atau air raksa (Hg) juga dapat menyebabkan kemandulan, kemunduran otak, kerusakan syaraf dan ginjal yang biasa dijumpai pada obat-obatan pertanian, penggunaan thermometer, batu baterai, lampu neon, pembasmi serangga, dan kosmetik.

Sedangkan cadmium (Cd) banyak Anda jumpai dalam kulit bumi atau hasil letusan gunung vulkanik. Selain itu juga dihasilkan dari aktivitas manusia seperti sisa bahan bakar, limbah industri, dan rokok. Unsur ini adalah penyebab utama serangan sel kanker dan pengoroposan tulang.

Anda nggak mau kan mengidap penyakit serius di usia muda?

Nah, untuk itu ayo mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Ternyata, logam berat memang tidak dapat dihindari, tetapi bisa ditangkal ketika tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal.

Adalah Arsakha, yang menyiasati bagaimana kita bisa terhindar dari bahaya paparan logam berat dengan produk kesehatan yang wujudnya berupa perhiasan yang kita gunakan sehari hari. Seperti apakah?

Yuk simak lengkapnya di sini.

Ditulis Oleh : Ferra Nurlidia // 01.28
Kategori: